- 25 September 2024
Diklat Sekolah Berasrama Sukses Digelar di Sukoharjo, Bahas Pengembangan Pendidikan Berasrama di Indonesia
Sukoharjo, 22 September 2024 – Diklat Sekolah Berasrama yang diadakan di Hotel Brothers, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, sukses terlaksana pada tanggal 20-22 September 2024. Diklat ini diikuti oleh pengelola sekolah berasrama dari berbagai wilayah di Indonesia dan menghadirkan sejumlah narasumber berpengalaman di bidang pendidikan. Di antara narasumber yang hadir adalah Ahmad Rofiqi, Lc., M.Pd.I, Pendiri Pondok Pesantren Tamaddun; Rizqi Tajuddin, Konsultan Pendidikan dan Penggiat KeAyahan; Dr. Sri Susanti Tjahyadini, M.Pd, Founder Sekolah Baruku; Dr. Lalu Yulhaidir, M.Psi, Psikolog; dan keynote speaker, Dr. Mohammad Zahri, Sekretaris Dewan Pembina JSIT Indonesia. Para peserta mendapat banyak insight baru terkait tata kelola asrama, mencakup peraturan asrama, penciptaan iklim positif, disiplin yang membangun, psikologi santri, hingga peran penting wali asuh dalam mendampingi siswa selama di asrama. Salah satu peserta, Adi Suwito dari PPIT Al Huda Wonogiri, menyampaikan bahwa banyak hal baru yang ia dapatkan dari pelatihan ini. “Konsep dari Pesantren Tamaddun sangat menginspirasi, terutama terkait pentingnya pemenuhan kebutuhan dasar anak, pola kepengasuhan yang sehat, dan hubungan sosial santri,” ujarnya. Diklat ini menggarisbawahi peran penting sekolah berasrama dalam pembinaan siswa, tidak hanya dalam aspek akademis, tetapi juga dalam pengembangan karakter. Sebagai lembaga pendidikan yang menyatukan proses belajar dengan kehidupan sehari-hari di asrama, sekolah berasrama memberikan lingkungan kondusif untuk membentuk disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian siswa. Program bimbingan dan kegiatan ekstra kurikuler yang beragam juga dirancang untuk memperkuat kepribadian dan integritas siswa. Lingkungan sekolah berasrama juga mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai latar belakang, serta belajar untuk hidup mandiri jauh dari keluarga. Pengalaman ini mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan dengan lebih matang dan percaya diri. Melalui diklat ini, diharapkan pengelola sekolah berasrama dapat lebih meningkatkan kualitas pengelolaan asrama serta menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan karakter dan akademik siswa secara holistik. #diklatsekolahberasrama #sekolahberasrama #pendidikan #positifclimate #wellbeing #tumbuhkembangremaja #disiplinpositif